Home » » Menjadi Astronom Muda

Menjadi Astronom Muda

Written By gioabi fashar on Senin, 22 Oktober 2012 | 16.04


Mungkin kalian selalu ingin tahu bagaimana seorang astronom profesional melakukan pekerjaannya. Kalau kalian belum mengerti tentang cara mereka bekerja secara profesional,lebih baik kita melakukannya secara sederhana terlebih dulu.

Walaupun secara sederhana,tetapi cara melakukannya sama dengan astronom profesional. Tetapi astronom profesional mempunyai ilmu yang lebih tinggi dari kita. Dan sebaiknya kita mempelajari ilmu astronomi yang mendasar terlebih dahulu.

Amatilah peristiwa-peristiwa astronomi disekitar kita!(seperti bulan,bintang,dll). Setelah kalian amati,catatlah di dalam buku tulis kalian tentang apa yang kalian lihat!. Apabila kalian kurang mengerti tentang yang kalian lihat,sebaiknya kalian browsing di internet untuk mengetahui lebih ditelnya tentang peristiwa-peristiwa astronomi tersebut!. Setelah kalian mengerti,catatlah kembali ke dalam buku tulismu lalu buatlah kesimpulan tentang hal tersebut.

Maka hal-hal yang diatas sama dengan astronom profesional tapi kita hanya mempelajari ilmu astronomi yang lebih mendasar.
Jadi hal-hal diatas dapat disimpulakan bahwa tugas astronom :
  1. Mengumpulkan informasi/data (kolektor)
  2. Menyimpan data (detektor)
  3. Mengolah data dengan berbagai cara (menganalisis)
  4. Mengambil kesimpulan dari hasil pengolahan data (menarik kesimpulan)
  5. Mencocokan kesimpulan dengan teori yang ada/teori yang baru
  6. Melaporkan hasil-hasil yang telah diperoleh
Sebagai seorang astronom sederhana,kita hanya mengikuti kesimpulan pada no. 1,2,3,dan 4. Sementara untuk 5 dan 6 kita ganti menjadi "menulis kembali hal-hal yang penting tentang peristiwa astronomi yang telah kita amati".
Itu saja yang dapat saya sampaikan,semoga posting kali ini dapat bermanfaat!
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger