Home » » Mengapa Bulan Dapat Memantulkan Cahaya Matahari?

Mengapa Bulan Dapat Memantulkan Cahaya Matahari?

Written By gioabi fashar on Sabtu, 27 Oktober 2012 | 09.21



Pasti kalian sering bertanya-tanya mengapa bulan dapat bercahaya. Ya,karena bulan memantulkan cahaya matahari. Lalu bagaimana kalau bulan bercahaya dengan sendirinya? Itu berarti bukanlah bulan,tetapi bintang.

Tapi pasti kalian masih bingung mengapa bulan dapat memantulkan cahaya matahari. Semua benda luar angkasa memiliki albedo,yaitu ukuran untuk kemampun benda tersebut memantulkan cahaya (seperti benda es dan tanah). Namun,albedo bulan sebenarnya sangat rendah. Cahaya terang tersebut sebenarnya dari efek oposisi. Efek ini serupa dengan yang terjadi ketika melihat lampu mobil menyinari jalan gelap, jalan tersebut akan terlihat lebih terang dibanding ketika tak ada cahaya yang menerpanya.

Pada kasus Bulan, Matahari yang bersinar langsung ke arahnya menimbulkan cahaya Bulan. Pantulan cahaya ini kemudian diperkuat oleh sejumlah besar debu di permukaannya, sehingga bisa terlihat lebih terang.
Share this article :

1 komentar:

  1. kalo bulan memantulkan cahaya matahari, berapa suhu yang dipantulkan, pernahkah anda mencoba sifat / suhu cahaya yg dipantulkan oleh bulan ? apakah bersifat panas ? ataukah dingin ? dan kenapa panas atau kenapa dingin ?

    BalasHapus

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger