Home » » Mengapa Bulan Dapat Memantulkan Cahaya Matahari?

Mengapa Bulan Dapat Memantulkan Cahaya Matahari?

Written By Unknown on Sabtu, 27 Oktober 2012 | 09.21



Pasti kalian sering bertanya-tanya mengapa bulan dapat bercahaya. Ya,karena bulan memantulkan cahaya matahari. Lalu bagaimana kalau bulan bercahaya dengan sendirinya? Itu berarti bukanlah bulan,tetapi bintang.

Tapi pasti kalian masih bingung mengapa bulan dapat memantulkan cahaya matahari. Semua benda luar angkasa memiliki albedo,yaitu ukuran untuk kemampun benda tersebut memantulkan cahaya (seperti benda es dan tanah). Namun,albedo bulan sebenarnya sangat rendah. Cahaya terang tersebut sebenarnya dari efek oposisi. Efek ini serupa dengan yang terjadi ketika melihat lampu mobil menyinari jalan gelap, jalan tersebut akan terlihat lebih terang dibanding ketika tak ada cahaya yang menerpanya.

Pada kasus Bulan, Matahari yang bersinar langsung ke arahnya menimbulkan cahaya Bulan. Pantulan cahaya ini kemudian diperkuat oleh sejumlah besar debu di permukaannya, sehingga bisa terlihat lebih terang.
Share this article :

5 komentar:

  1. kalo bulan memantulkan cahaya matahari, berapa suhu yang dipantulkan, pernahkah anda mencoba sifat / suhu cahaya yg dipantulkan oleh bulan ? apakah bersifat panas ? ataukah dingin ? dan kenapa panas atau kenapa dingin ?

    BalasHapus
  2. Bagaimana cara bulan memantulkan cahaya matahari? Pdhl diketahui posisi bulan pada malam hari yaitu matahari - bumi - bulan, otomatis karna bumi lebih besar, cahaya matahari tertutupi bumi dan tak mengenai bulan?

    BalasHapus
  3. Makasih tulisannya bermanfaat.. aku tambahin ya.. albedo adalah perbandingan cahaya datang dan cahaya lepas.. dr kata albus yg berarti "putih".. bulan memiliki albedo kurleb o.4% dan senyawa kimianya membuat cahaya bulan tidak panas.. kemudian jarak bulan dg bumi sendiri berkilo-kilo meter jauhnya.. ga kyk ilustrasi di buku2 IPA.. jadi sangat mungkin terjadi pembiasaan cahaya.. posisi matahari-bumi-bulan tdk benar2 lurus karena bulan mengitari bumi.. begitulah yg saya tangkap dr teori bumi bulat..

    BalasHapus
  4. Klo matahri mnyinari blan knpa pra astrnotx tdak prnah klihatan kena snar mtahri,bhkn sblikx di dlm kglapan

    BalasHapus
  5. MENGIKUT KAJIAN DONALD TRUMP BERSAMA ANGKASAWAN RUSSIA DAN BANGLADESH YANG MEMILIKI KAPAL ANGKASA DAN RUMAH BERBENTUK CAPSUL DI PLENET BULAN๐Ÿ˜ฑ ,
    PLENET BULAN ITU TIDAKLAH BERCAHAYA๐Ÿ˜ฑ DAN TIDAKLAH ADA KEJADIAN PAGI HARI DAN MALAM HARI๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚
    SEPERTI YANG DIGAMBARKAN ANGKASAWAN NASA TERDAHULU๐Ÿ˜ฑ

    TETAPI PLENET YANG BERCAHAYA YANG KITA NAMPAK PADA MALAM DAN PAGI๐Ÿค” HARI ITU DI BUMI INI IALAH PLENET SYURGA๐Ÿ˜€

    __

    "Sedang Allah, dari belakang mereka, melingkungi mereka (dengan TANDA-TANDA kekuasaanNya๐Ÿ˜ฑ✌️)!"
    (QS. Al-Buruj 85: Ayat 20)

    .diantara maksudnya.

    SATU BUKTI KEBENARAN YANG KUKUH YANG BULAN ITU TIDAK BERCAHAYA IALAH KENAPA CAHAYA PADA PLANET SYURGA ITU ( SANGAT / TERASA ) SEJUK PADA MALAM HARI?? ๐Ÿ˜Ž๐Ÿค”๐Ÿ˜‚
    SEDANGKAN DONALD TRUMP YANG MEMILIKI RUMAH BERBENTUK CAPSUL DI BULAN ITU BERKATA SUHU DI BULAN ITU TIDAKLAH SEJUK๐Ÿ˜ฑ TETAPI BERDEBU๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚




    BalasHapus

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger