Home » » Benarkah Pluto Sebuah Planet?

Benarkah Pluto Sebuah Planet?

Written By Maria Triana on Jumat, 26 Oktober 2012 | 20.22



Pluto ditemukan pada tahun 1930 oleh Clyde W Tombaugh pada saat melakukan survey langit di Observatorium Lowell. Astronom memasukkan pluto dalam kategori planet dalam tata surya. Pada tahun 2006 tepatnya tanggal 24 Agustus di Cekoslovakia,International Astronomical Union(IAU) mengadakan konferensi yang menghasilkan keputusan bersejarah dalam dunia Astronomi dengan memutuskan bahwa pluto tidak termasuk dalam kategori Planet. Benda langit bisa dikategorikan sebagai planet jika memiliki kriteria sebagai berikut :
1.Mempunyai ukuran diameter lebih besar dari 2000 km/massa yang lebih besar
2.Berbentuk bulat
3.Memiliki orbit yang tidak memotong orbit planet lain

Dengan definisi baru tersebut, Pluto tidak berhak menyandang nama planet karena tidak memenuhi syarat yang kedua. Pluto sekarang dikategorikan sebagai planet katai. Orbit Pluto memotong orbit planet Neptunus sehingga dalam perjalanannya mengelilingi Matahari, Pluto kadang berada lebih dekat dengan Matahari dibandingkan Neptunus.

Share this article :

3 komentar:

  1. cm mau tnya
    jika pluto memotong orbit planet lain
    tidak menutup kemungkinaan suatu saat dy kan bertabrakan dengan planet yang orbitnya dy potong??
    benar begitu ato tidak

    BalasHapus
  2. @tonny ya mngkin itu bisa terjadi. pluto bisa dibilang seperti asteroid yg terkdng memotong orbit planet lain,dan suatu ketika bisa terjadi tubrukan yg bsr

    BalasHapus

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger