Home » » Mengenal Galaksi Bimasakti

Mengenal Galaksi Bimasakti

Written By gioabi fashar on Kamis, 25 Oktober 2012 | 15.04

Berkas:Milky way 2 md.jpg

Siapa yang tidak tahu galaksi Bimasakti? Yap,Galaksi ini adalah galaksi tempat dimana bumi kita berada. Galaksi ini mempunyai diameter antara 100.000 hingga 120.000 tahun cahaya dan memiliki ketebalan mencapai 1000 tahun cahaya. Galaksi ini memiliki bintang sekitar 300 hingga 100 miliar bintang. Jarak matahari ke pusat galaksi diperkirakan 27.700 tahun cahaya. Galaksi bimasakti diklasifikasikan oleh Hubble kedalam galaksi spiral batang tipe SBc.
Bimasakti dapat terlihat pada saat musim kemarau dan terlihat di Rasi Bintang Sagitarius

Sejarah

Dalam bahasa internasional,galaksi bimasakti disebut sebagai Milky Way. Nama Milky Way diambil dari bahasa latin kuno yaitu Via Lactea yang berarti jalur susu. Dalam mitologi Yunani,milky way merupakan tumpuhan susu Hera saat ia menyusui Heracles (bukan Hercules). Karena pnempakannya dilangit malam yang putih,hal tersebut seolah-oleh mirip dengan susu yang tumpah dari langit.

Nama Bimasakti diambil dari nama tokoh pewayangan jawa yaitu dari nama seorang pandawa "Bima". Penampakannya yang menjulang dari utara ke selatan membuat bintang-bintang itu seolah-olah seperti selendang Bima yang perkasa. Alhasil orang menamakannya Bimasakti.

Di negara lain juga,Bimasakti memilki nama lain. Di Jepang bimasakti bernama Ama No Gawa yang berarti "Jalan Surga". Di Islandia bernama Vetrarbrautin yang berarti "Jalan Musim Dingin". Di Hungaria bernama Hadak Útja yang berarti "Jalan Pejuang"
Share this article :

1 komentar:

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger