Home » , » Ham,Simpanse Pertama di Ruang Angkasa

Ham,Simpanse Pertama di Ruang Angkasa

Written By gioabi fashar on Jumat, 16 November 2012 | 09.55

Bukan manusia saja yang dapat menjelajahi ruang angkasa. Dan mungkin kalian membayangkan bagaimana kalau astronot itu adalah seekor hewan. Ya,itu sudah terjadi sejak kompetisi ruang angkasa antara Uni Soviet dengan Amerika Serikat.
Salah satu hewan yang menjadi sejarah Amerika Serikat adalah seekor simpanse bernama Ham. Ham yang bernama asli Chang dilahirkan pada bulan Juli 1956. Nama Ham adalah singkatan dari nama laboraturium yang terletak di Meksiko.
Ham digunakan untuk uji coba dengan tujuan meneliti tingkat keletihan saraf dan tekanan psikologis selama di luar angkasa.

Sebelum misinya dimulai,Ham menjalani serangkaian pemerikasaan,hidungnya diperiksa untuk menjaga agar pernafasannya tidak terganggu,telinganya dirawat agar terhindar dari kuman dan dapat mendengar perintah jelas. Semua diperiksa semaksimal mungkin agar Ham tidak kaget saat berada di luar angkasa.
Pada tanggal 31 Januari 1961,Ham akhirnya diterbangkan menggunakan roket Mercury-Redstone menuju angkasa hingga ketinggian 185 Km dengan kecepatan 7080 Km/jam. Setelah 16 menit 39 detik,Ham mendarat dengan selamat di Samudera Atlantik dengan bantuan parasut. Mendaratnya Ham disambut dengan para kru dan dokter pun datang ke lokasi untuk memeriksa keadaanya. Dan hasil pemeriksaan menunjukan Ham sangat sehat dan gembira.
Setelah tak lagi berangkasa,Ham menghabiskan hidupnya di kebun binatang Washington hingga tahun 1980. Ham meninggal pada tahun 1983 dan dimakamkan di Meksiko.
Jasanya ini diabadikan dalam sebuah film kartun yang berjudul Space Chimps.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger