Home » » Mengenal ISS (International Space Station)

Mengenal ISS (International Space Station)

Written By gioabi fashar on Rabu, 31 Oktober 2012 | 17.33

Apakah kalian tahu tentang ISS? Atau kalian masih bingung tentang ini? Apakah benar ISS adalah satu-satunya stasiun ruang angkasa terbesar yang pernah dibuat oleh manusia? Kali ini kita akan membahas hal-hal diatas.


ISS (Bahasa Inggris : International Space Station) atau dalam bahasa indonesia disebut stasiun ruang angkasa internasional adalah satu-satunya stasiun ruang angkasa pertama dan terbesar yang pernah dibuat oleh manusia. Perakitan ISS pertama dilakukan pada tahun 1998. Pada tanggal 2 November 2000,awak pertama tiba di ISS yang terdiri dari astronot AS (William Sheperd) dan 2 kosmonot Rusia (Yuri Gidzenko dan Sergei Krikalev). Karena sangat besar,ISS ini dapat terlihat oleh mata telanjang. 

Proses Pembangunan ISS

  • Tahap Pertama (1998) : dimulai hadirnya ruangan sebagai sumber energi,alat komunikasi,dan kontrol ketinggian pada tahap awal. Hasil kerja sama NASA dan Rusia diberi nama Zarya.
  • Tahap Kedua (1998) : hadir unity yang merupakan tempat istirahat/kamar tidur higienis pertama di ISS ini. Diwaktu yang sama dengan unity,dibangun perangkat ini sebagai alat koneksi ruangan maupun tempat penambat kendaraan ruang angkasa lain bernama PMA1 dan 2
  • Tahap ketiga (11 Juli 2000) : hadirnya Zvezda sebagai tempat latihan,ruang makan serta ruang tidur yang terpisah. Selanjutnya adalah Z1 Truss sebagai tiang penopang utama bagi panel radiator dan cahaya matahari dan 4 sisi gyroscope dibagian belakang Z1 membantu memahami posisi stasiun dan letak orbit dalam mengitari bumi. Saat yang sama dengan Z1,dibangun PMA (Pressurized Mating Adapters) yang memiliki fungsi sebagai alat untuk koneksi ruangan/tempat penambat bagi kendaraan ruang angkasa lain. Selanjutnya P6 Truss,sebagai sumber pengalir energi pada masa pembangunan serta panel radiator yang berfungsi untuk mengatur temperatur.
  • Tahap Keempat (2001) : hadir destiny yang merupakan ruang bagi 24 rak peralatan yang memiliki jendela menghadap ke bumi. Hadir Canadarm 2  yang berfungsi sebagai penghubung ruang satu dengan yang lain sehingga dapat terus bergerak. Quest Airlock merupakan pintu bagi para astronot untuk memasuki ruang utama. PIRs yang memiliki fungsi seperti Quest Airlock yang digunakan oleh kru Rusia.
  • Tahap Kelima (8 April 2002) : hadir S0 dan S1 Truss merupakan satu kesatuan dengan integrated truss structrue yang berfungsi sebagai bagian penyalur di rute pertama.
  • Tahap Keenam (9 September 2006) : muncul P3,P4,dan P5 Truss berfungsi sebagai penopang untuk mengalirkan cahaya matahari ke tiap sisi port untuk berotasi.
  • Tahap Ketujuh (2007) : muncul S3,S4,dan S5 Truss berfungsi sebagai bagian dari pemutar jalur dan memungkin daya matahari dapat berotasi. Dan Harmony yang mirip seperti Unity yang digunakan untuk kru Rusia dan Jepang.
  • Tahap Kedelapan (2008) : Lab. pertama dari ESA yang diberi nama Columbus. Dextre yang berfungsi sebagai bagian dari Canadarm 2 yang memiliki perangkat video,cahaya dan platform peralatan. Lab. lain muncul dengan fungsi sama seperti Columbus yang diberi nama Kibo dari Jepang. S6 Truss merupakan susunan terakhir dari rangkaian penyerap daya di ISS ini.
  • Tahap Kesembilan (2009) : muncul platform Kibo merupakan saat yang paling membahagiakan bagi Lab. Kibo karena merupakan proses penyelesaian dengan ditambahnya paltform luar dan sisi lengan robot.
  • Tahap Kesepuluh (2010) : dibangun node terakhir yaitu Node 3 yang memiliki 1 koneksi PMA dibagian bawah dan Cupola berfungsi menggabungkan node satu dengan yang lain. Pembangunan Space Shuttle yang berfungsi sebagai ruang transportasi bagi kru maupun kargo. Muncul pesawat ruang angkasa Soyuz yang berfungsi membawa pulang para kru ke bumi maupun ke ISS. Progress Spacecraft berfungsi mengisi ulang ISS dengan barang-barang kering/cair. Terakhir adalah Jules Verne ATV yang dapat membantu menginformasikan arah orbit dari ISS.
 
 
 
  

Sungguh sulit bukan pembuatannya yang membutuhkan waktu bertahun-tahun. Dan pembangunan ini membutuhkan biaya yang sangat besar. ISS mengorbit bumi pada ketinggian 350 Km.
Share this article :

1 komentar:

  1. Thank you to place these images on your website and not to use the band-width of my site to post them on yours.

    Thanks

    Webmaster of destination-orbite.net

    BalasHapus

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger