Home » » Mengenal Uranus

Mengenal Uranus

Written By Maria Triana on Kamis, 08 November 2012 | 20.34


URANUS,kalian tahu? Yap,pasti kalian pernah mendengar kata itu sebelumnya
mendengar kata uranus pasti kalian langsung berfikir tentang planet,bukan? Yaa,memang benar Uranus adalah sebuah planet yang ada di galaksi Bimasakti,perlu diketahui Uranus adalah planet ke tujuh dalam tata surya.Uranus mendapat predikat sebagai planet terbesar ketiga (Setelah Yupiter dan Saturnus).
Membahas tentang Uranus tidak lengkap kalau tidak membahas tentang rotasi dan revolusinya bukan? Nahh,sekarang kita akan membahasnya
Sekali berotasi uranus membutuhkan waktu 84 tahun,jaraknya dari matahari sekitar 20 SA atau 3 milyar km
Periode rotasi interior Uranus adalah 17 jam, 14 menit. Tetapi, seperti semua planet raksasa gas lainnya, atmosfer atasnya mengalami angin badai yang sangat kuat pada arah rotasi. Akibatnya, pada beberapa garis lintang, seperti dua per tiga lintang dari khatulistiwa ke kutub selatan, atmosfer nampak bergerak jauh lebih cepat, menjadikan rotasi penuhnya sekecil 14 jam. Dengan kemiringan sumbu yang mencapai 97,77 derajat, menjadikan perputarannya mengelilingi Matahari tidak seperti planet lain yang seperti gasing, melainkan seperti bola yang menggelinding. Diperkirakan ketika Uranus masih menjadi protoplanet (Bakal planet), Uranus purba ditabrak oleh protoplanet lain seukuran Bumi.
Nahh sekarang udah jelas kann tentang planet Uranus???
Kalau gitu apa pendapat kalian tentang planet terbesar ketiga ini???
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger