Home » » Hadiah Natal Raksasa Dari Luar Angkasa

Hadiah Natal Raksasa Dari Luar Angkasa

Written By gioabi fashar on Kamis, 20 Desember 2012 | 11.59

Tidak terasa,beberapa hari lagi para umat kristiani akan merayakan hari natal. Hari natal adalah hari dimana terdapat banyak kado dan hadiah. Namun,apakah kalian tahu bahwa terdapat sebuah hadiah raksasa dan sangat terang dari luar angkasa?Ya.
Teleskop penjelajah,Hubble,berhasil menangkap pusaran-pusaran gas yang menari-nari dan terlihat berwarna-warni. Bayangkan,jika foto dibawah ini dilihat terbalik. Maka,akan membentuk huruf "S" raksasa. Inisial "S" dalam perayaan natal berarti Sinterklas.

Hadiah natal dari Teleskop Hubble. Kredit: NASA, ESA and the Hubble Heritage Team (STScI/AURA)

Foto yang diambil oleh teleskop Hubble ini adalah sebuah planetari nebula atau biasa disebut nebula. Nebula adalah gumpalan awan gas sisa dari ledakan supernova yang berputar dan berkilau. Nebula juga dapat terbentuk dari matahari kita.
Sekitar 5 juta tahun lagi,matahari kita akan memasuki fase bintang raksasa merah,yaitu fase terakhir dari perkembangan bintang dan terlihat sangat besar,merah,dan terang. Dan akhirnya akan meledak sebagai ledakan supernova. Dan akhirnya terbentuklah gumpalan gas yang berputar yang disebut Nebula.
Untuk membayangkan sebesar apa nebula di dalam foto ini, coba pikirkan: setiap simpul kecil dalam materi ini kira-kira sebesar Tata Surya kita! Dan bintang di pusat nebula yang kira-kira seukuran dengan Bumi tampak seperti titik cahaya kecil di tengah gambar. Bisakah kau melihatnya, terbungkus di dalam pita gas dan debu bagaikan sebuah hadiah Natal?
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger