Home » » Sally Ride,Astronot Wanita Amerika Pertama

Sally Ride,Astronot Wanita Amerika Pertama

Written By gioabi fashar on Rabu, 19 Desember 2012 | 17.08



biografi sally ride 225x300 Biografi Sally Ride, Astronot Wanita Amerika PertamaNASA memang mempunyai banyak sekali astronot. Para Astronot tersebut sangat berjasa bagi bangsa dan negaranya. Dan mereka pun bisa di bilang sangat terkenal di mata dunia. Salah satunya adalah Neil Armstrong. Namun,apakah kalian tahu wanita Amerika pertama yang menjadi Astronot NASA?Ia adalah Sally Ride. Sally Ride lahir di Enchino,Los Angeles,California pada 26 Mei 1951. Semenjak kecil,Ride bisa dibilang siswa yang berprestasi. Dia menyelesaikan sekolah di Portola Middle School dan Westlake School for Girls dengan beasiswa. 
Sejak masih sekolah, Sally sangat tertarik pada sains. Dia lulus dengan gelar bahasa Inggris dan fisika dari Stanford University. Dia lantas melanjutkan studi untuk memperoleh gelar master dan Ph.D. dalam fisika dari universitas yang sama. Saat Ph.D., bidang risetnya meliputi astrofisika dan fisika laser bebas elektron.

Saat masih anak-anak,Ride sangat tertarik pada penjelajahan ruang angkasa. Dan pada tahun 1978,mimpinya menjadi kenyataan untuk menjadi bagian dari NASA.
Dia juga terlibat dalam misi penerbangan pesawat ulang-alik STS-1 dan STS-2 (STS: Sistem Space Transportation), dalam pengembangan lengan mekanik yang disebut pula sebagai lengan robot.Pada tanggal 18 Juni 1983, Sally menjadi bagian dari lima awak STS-7 yang pergi menggunakan Challenger Space Shuttle. Pada misi itu, Sally Ride tercatat sebagai astronot wanita Amerika pertama yang melakukan perjalanan ke ruang angkasa. Selama 6 hari misi mereka, Sally dan awak lain menggunakan lengan robot di ruang angkasa untuk pertama kalinya. Dengan lengan robot tersebut, mereka berhasil memperbaiki sebuah satelit.Pada misi itu juga, Sally Ride dan awak lain juga berhasil menempatkan dua satelit komunikasi baru milik pemerintah Kanada dan Indonesia.
Sally menjadi bagian dari misi ruang angkasa untuk kedua kalinya pada tanggal 5 Oktober 1984. Kali ini dia menggunakan Challenger Space Shuttle bersama dengan enam anggota awak lainnya untuk misi STS-41 G.
Itu adalah kru terbesar yang pernah dikirim NASA. Perannya dalam misi sebagai spesialis misi. Misi tersebut merupakan misi 8 hari di mana kru menempatkan satelit di orbit, menggunakan kamera baru untuk melakukan pengamatan ke bumi, dan menerapkan metode baru untuk mengisi bahan bakar satelit. Misi berakhir pada tanggal 13 Oktober 1984 saat Challenger mendarat dengan selamat di Kennedy Space Center, Florida.


Dalam dua misi tersebut, Sally telah menghabiskan total hampir 343 jam di ruang angkasa.
Sally mengundurkan diri dari NASA pada tahun 1987 dan bergabung dengan University Center for International Security and Arms Control.
Pada tahun 1989, dia memulai karir baru sebagai profesor fisika di California University at San Diego sekaligus menjadi Direktur California Space Institute.
Pada tahun 2001, Sally mendirikan perusahaannya sendiri, Sally Ride Science yang mendesain berbagai jenis program sains menghibur dan publikasi untuk anak-anak sekolah.
Program-program ini secara khusus berorientasi mendorong siswa perempuan untuk lebih tertarik pada sains.
Berbagai penghargaan pernah diraih Sally. Dia menerima NASA’s Space Flight Medal dua kali. Dia juga masuk dalam daftar National Women’s Hall of Fame dan Astronaut Hall of Fame.
Sally menjadi bagian dari dewan yang menyelidiki kecelakaan Space Shuttle Columbia pada tahun 2003.
Saat masih muda, Sally juga menyimpan gairah pada tenis. Dia adalah seorang pemain tenis tingkat nasional. Dia bahkan sempat meninggalkan studinya untuk fokus pada karirnya di tenis.
Tapi setelah beberapa bulan pelatihan, Sally menyadari bahwa dia tidak ingin mengejar karir profesional di tenis dan kembali berkonsentrasi pada studinya. Sally menikah dengan sesama astronot Steve Hawley pada tahun 1982. Tapi pernikahan mereka tidak berlangsung lama dan pasangan ini berpisah pada tahun 1987.
Sally Ride meninggal pada tanggal 23 Juli 2012 pada usia 61 tahun, tujuh belas bulan setelah didiagnosa mengalami kanker pankreas.
Nama Sally Ride di abadikan di kutub utara bulan sebagai tempat "bunuh diri" wahana ruang angkasa milik NASA,Ebb dan Flow.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger