Home » , » Mengenal Badai Matahari

Mengenal Badai Matahari

Written By gioabi fashar on Sabtu, 22 Desember 2012 | 09.20

Matahari adalah satu-satunya bintang yang memberi kehidupan bagi tata surya kita. Namun apakah kalian tahu bahwa terdapat hal yang dianggap berbahaya dari matahari?
Ya,satu-satunya hal tersebut adalah badai matahari. Badai matahari atau solar storm adalah suatu siklus matahari yang terjadi setiap 11 tahun yang diakibatkan karena munculnya bintik matahari yang akan menyebabkan bidang magnetiknya menjadi kacau balau hingga terbentuknya solar flare/lidah api. yang kadang disertai dengan pelepasan massa korona. 
Badai matahari tidaklah berbahaya dan tidak mengancam kehidupan di Bumi. Badai matahari sebenarnya adalah berupa partikel-partikel yang dibawa oleh lidah api matahari. Dan apabila partikel-partikel ini menghantam magnetosfer Bumi,maka pada bagian kutub utara dan selatan Bumi akan terbentuk aurora. Badai matahari hanya dapat mengganggu sistem komunikasi,navigasi,fungsi satelit,dan sistem perbankan. Bukan berarti badai matahari sebagai tanda-tanda kiamat!. Badai matahari ini adalah siklus normal yang selalu terjadi oleh setiap bintang di jagad raya.

Apakah badai matahari dapat menghanguskan bumi beserta isinya? 
Tidak!

Badai matahari telah terjadi sejak berjuta-juta tahun lalu. Kalau memang Bumi hangus akibat badai matahari,maka sampai sekarang Bumi tidak akan memiliki kehidupan. Dan apabila badai matahari mengeluarkan energi yang cukup besar,maka tidak berdampak pada kehidupan,tetapi berdampak pada listrik dan jalur komunikasi yang mengakibatkan seluruh sumber listrik dan jaringan terganggu. Dan akibat semuanya terganggu,seluruh kegiatan akan lumpuh total bahkan dapat melumpuhkan kegiatan ekonomi di dunia.
Namun,manusia sudah belajar sejak masa lalu. NASA sudah mengirim dua wahananya untuk melihat aktivitas matahari terkini. Seperti ACE dan SOHO yang sampai sekarang masih terus bekerja mengawasi perkembangan aktivitas matahari.
Jika wahana itu mendeteksi adanya CME, maka sensornya akan segera menghasilkan peringatan yang memberikan cukup waktu untuk manusia bumi (kita) untuk mengambil langkah antisipasi, seperti mengubah sistem satelit kita menjadi “safe mode”. Dengan demikian, kerusakan yang ditimbulkannya akan menjadi sangat minimal. Antisipasi yang sama juga telah dilakukan terhadap infrastruktur dan sumber pembangkit listrik lainnya. 

Radiasi dari badai matahari,apakah dapat merusak tubuh?
Tidak

Walaupun radiasi yang ditimbulkan badai matahari cukup besar,namun pada dasarnya tidak menyebabkan gangguan semacam itu. Radiasi yang ditimbulkan hanya akan mengganggu operasional satelit dan propagasi radio gelombang pendek namun tidak mengganggu kehidupan manusia.
Radiasai pada badai matahari juga dapat meningkatkan suhu di Bumi secara signifikan.
Jika kalian ingin lebih mengenal badai matahari,silahkan lihat video dibawah ini



Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger