Home » » Bumi 3 Hari Gelap? Hoax!

Bumi 3 Hari Gelap? Hoax!

Written By gioabi fashar on Sabtu, 22 Desember 2012 | 12.13

Kemarin,21 Desember 2012,telah terbukti bahwa di dunia ini tidak terjadi kehancuran massal atau kiamat yang telah diramal oleh suku maya. Namun,setelah isu tersebut menjadi pembicaraan massal,kali ini terdapat isu lain yang mengatakan bahwa Bumi akan gelap selama 3 hari. Menurut isu tersebut,Bumi akan gelap mulai tanggal 23 sampai 25 Desember 2012. Isu Bumi gelap ini diakibatkan karena seluruh tata surya akan sejajar. Apakah ini masuk akal?

Jika Bumi sejajar dengan Matahari,Merkurius,dan Venus,apakah Bumi akan Gelap?
Bumi memiliki ukuran lebih besar di bandingkan dengan Merkurius dan Venus.  Dan jarak Merkurius dan Venus sangatlah jauh dari Bumi. Jadi apabila sejajar,maka Merkurius dan Venus akan terlihat seperti bintik hitam kecil di matahari. Seperti fenomena transit venus yang terjadi pada 6 Juni 2012. 


Adakah syarat Bumi gelap?
Ada. Bumi akan gelap bisa terjadi akibat fenomena alam yaitu gerhana. Salah satunya adalah gerhana matahari total. Gerhana matahari total akan terjadi jika Matahari,Bulan,dan Bumi sejajar. Namun,gerhana ini bukan berarti membuat seluruh permukaan Bumi gelap total. Karena bulan berukuran kecil dan hanya dapat menutupi piringan matahari saja,jadi yang terlihat hanya bagian koronanya saja. ika permukaan bumi akan gelap secara keseluruhan maka harus ada benda langit (Planet) yang lebih besar dari pada bulan dan memiliki posisi umbra yang dapat menutup seluruh permukaan bumi.



Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger