Home » » Baju Astronot Masa Depan

Baju Astronot Masa Depan

Written By gioabi fashar on Senin, 24 Desember 2012 | 11.13



Baju astronot memang sangat penting digunakan manusia di ruang angkasa untuk bernafas dan melindungi tubuh. Baju astronot pertama digunakan pada tahun 1969 untuk misi Apollo dan diberi nama Apollo A7L. Setelah misi Apollo,pada tahun 1982 sampai sekarang,digunakanlah baju astronot yang bernama Extravehicular Mobility Unit (EMU).
Namun,NASA telah mempersiapkan baju astronot untuk masa depan. Baju astronot ini diberi nama Z-1.
Z-1 tengah diuji coba para peneliti di NASA Johnson Space Center dan direncanakan akan digunakan pada tahun 2015. Baju ini bisa dibilang sangat menarik ketimbang baju Sokol yang dipakai kosmonot Rusia,baju Fetian yang dipakai taikonot Cina,dan EMU yang dipakai astronot NASA saat ini. Z-1 dirancang untuk berjalan-jalan di permukaan planet,bulan,dan asteroid. Z-1 juga dirancang untuk perjalanan jauh,yakni ekspedisi ke planet merah,Mars.


Lihatlah kemiripannya.

Apakah kalian tahu apa yang menarik dari baju astronot masa depan ini? Ya. Baju astronot ini mirip sekali dengan tokoh film kartun Toy Story yaitu Buzz Lightyer. Lihatlah gambar disamping!. Mirip bukan?
Keunikan lainnya adalah pada bagian belakang Z-1 ini,yaitu pintu masuknya ada dibagian belakang. Baju astronot sebelumnya dibuat terisah antara bagian kaki dan badan. Sementara Z-1,dibuat cantolan untuk mempermudah astronot masuk kedalamnya. Tinggal lepas palka dan Portable Life Support System yang menempel di lubang palka. Lihatlah gambar dibawah ini bagian-bagian Z-1 yang diambil dari Space.com




Learn about how NASA is developing a new spacesuit for exploring the moon and Mars, in this SPACE.com infographic.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger