Home » , » Satellite Flare,Titik Cahaya yang Bergerak di Malam Hari

Satellite Flare,Titik Cahaya yang Bergerak di Malam Hari

Written By gioabi fashar on Jumat, 28 Desember 2012 | 08.40

Apabila kalian melihat hujan meteor,pasti terlihat garis-garis putih di langit. Namun,apabila kalian melihat hujan meteor,pasti tanpa di sengaja kalian melihat sebuah titik cahaya yang bergerak yang melintasi langit malam dengan cepat. Seperti gambar di bawah ini!



Orang-orang banyak mengira bahwa itu adalah UFO. Namun,itu bukanlah UFO. Fenomena di atas disebut sebagai Satellite Flare. Fenomena ini terjadi karena antena yang reflektif pada satelit memantulkan cahaya matahari ke permukaan Bumi,sehingga terlihat seperti objek terang yang melintas dengan cepat. Jadi,cahaya ini adalah sebuah satelit bukanlah sebuah UFO.
Fenomena ini kebanyakan disebabkan oleh Satelit Iridium. Satelit ini memiliki 3 buah antena seukuran sebuah pintu rumah. Masing-masing terpisah 120 derajat dengan sudut 40 derajat. Tingkat magnitudonya bisa mencapai -9,5. Sangat terang,bukan?
Saking terangnya sampai-sampai fenomena ini dianggap merugikan oleh para antusias astronomi, karena benda ini terkadang dapat menyebabkan kerusakan pada perlengkapan optik mereka,seperti teleskop
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger