Home » » Hujan Meteor di Awal Tahun Baru

Hujan Meteor di Awal Tahun Baru

Written By gioabi fashar on Sabtu, 29 Desember 2012 | 18.20

Tidak terasa tinggal hitungan hari lagi kita akan memasuki tahun yang baru. Di tahun baru ini terdapat fenomena langit pada malam hari. Hujan meteor quadrantids akan mengisi tahun baru kali ini.
Hujan meteor quadrantids akan terjadi pada tanggal 28 Desember 2012 sampai 12 Januari 2013 dan akan mengalami puncaknya pada tanggal 4 Januari 2013. Diberi nama hujan meteor quadrantids karena hujan meteor ini akan terjadi di rasi bintang Quadrans Muralis. Namun,apabila kita mencari rasi ini di software astronomi,seperti stellarium,Quadrans Muralis mungkin tidak dapat kita temukan. Karena rasi ini tidak diakui oleh IAU dan bukanlah salah satu dari 88 rasi bintang modern.
Rata-rata intensitas meteor perjam nya sekitar 100 meteor per jam. Apabila kalian mencari rasi bintang Quadrans Muralis,maka yang pertama kalian harus cari adalah rasi bintang Bootes. Rasi bintang Bootes akan terbit dari ufuk timur laut pukul 04.00 WIB pagi dini hari.

Share this article :

2 komentar:

  1. skarang udh tgl 30 tpi kok ngga ada sob,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kok,td pagi saya melihatnya,klo ingin melihatnya dngn jelas,lebih baik melihatnya di tmpt yg tidak ada polusi cahayanya

      Hapus

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger