Home » » Mengenal Bulan

Mengenal Bulan

Written By gioabi fashar on Sabtu, 02 Februari 2013 | 09.29


Bulan adalah satu-satunya satelit alam milik Bumi dan merupakan satelit alam terbesar ke-5 di tata surya kita. Mengapa Bulan dapat memancarkan cahaya?. Jangan pernah berpikir Bulan dapat memancarkan cahayanya sendiri. Bulan memancarkan cahaya dari pantulan sinar matahari. Seperti cahaya lampu yang memantul di jalan sehingga jalan terlihat seperti memancarkan cahaya.
Bulan memiliki diameter sebesar 3.474 km dan memiliki jarak rata-rata Bulan-Bumi sekitar 384.403 km. Bulan beredar mengelilingi Bumi sekali setiap 27,3 hari (periode orbit adalah waktu yang diperlukan bagi suatu benda untuk melakukan satu orbit penuh mengitari benda lain). Variasi periodik dalam sistem Bumi-Bulan-Matahari bertanggung jawab atas terjadinya fase Bulan yg berulang setiap 29,5 hari (periode sinodik).
Mengapa Bulan tidak jatuh ke Bumi? Karena Bulan ditarik oleh gravitasi Bumi yang disebabkan oleh gaya sentrifugal yang timbul dari orbit Bulan mengelilingi Bumi. Gaya sentrifugal adalah gaya yang ditimbulkan ketika sebuah benda melakukan gerak melingkar atau menjauhi pusat putaran. Sehingga gaya sentrifugal ini menyebabkan Bulan semakin menjauh dari Bumi dengan kecepatan sekitar 3,8 cm/tahun. Orbit Sinkron menyebabkan kala rotasi sama dengan kala revolusinya sehingga kita hanya dapat melihat satu sisi wajah Bulan.
Di Bulan tidak air dan udara. Banyaknya kawah di Bulan disebabkan oleh ratusan asteroid. Kawah terbesar adalah Clavius dengn diameter 230 km dan sedalam 3,6 km. 
Misi Apollo 11 yang berhasil mendaratkan manusia pertama di Bulan
Bulan adalah satu-satunya benda langit yang pernah didatangi dan didarati manusia. Objek buatan pertama yang melintas dekat Bulan adalah wahana antariksa milik Uni Soviet, Luna 1. Objek buatan pertama yang membentur permukaan Bulan adalah Luna 2. Dan foto pertama sisi jauh bulan yang tak pernah terlihat dari Bumi,diambil oleh Luna 3, semua misi dilakukan pada 1959.  Wahana antariksa pertama yang berhasil melakukan pendaratan adalah Luna 9 dan yang berhasil mengorbit Bulan adalah Luna10,keduanya dilakukan tahun 1966. Program Apollo milik AS adalah satu-satunya misi berawak hingga kini, yang melakukan enam pendaratan berawak antara 1969 dan 1972.
Bulan memiliki beberapa fase,yaitu :
1. New Moon/Bulan Baru
2. Waxing Cresent/Bulan Sabit
3. First Quarter/Bulan Separuh
4. Waxing Gibbous/Bulan Seperempat
5. Full Moon/Bulan Purnama
6. Waning Gibbous
7. Last Quarter
8. Waning Cresent

Fase Bulan























Lalu fase di atas terjadi berulang-ulang dan selalu kembali ke awal. Apabila kalian ingin mengetahui proses terbentuknya Bulan,kalian dapat melihatnya di artikel ini : Terbentuknya Bulan
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger