Home » » Gerhana Jupiter akan terjadi malam hari ini

Gerhana Jupiter akan terjadi malam hari ini

Written By gioabi fashar on Selasa, 22 Januari 2013 | 15.43


Beberapa hari ini,Jupiter dan Bulan terlihat sangat berdekatan. Namun,pada malam hari ini,Jupiter akan mengalami gerhana atau okultasi. Bumi,Bulan,dan Jupiter akan berada di satu garis lurus sehingga pada beberapa saat Bulan akan menutupi Jupiter.
Namun,fenomena ini tidak akan terlihat di Indonesia karena terjadi pada pukul 11.00 WIB dan telah terlihat di Amerika Selatan. Kejadian ini berlangsung sekitar 30 sampai 60 menit.
Namun warga Indonesia tidak perlu bersedih,karena nanti malam hingga besok dini hari sekitar pukul 01.00 WIB,Jupiter dan Bulan akan memiliki jarak sekitar 3 sampai 5 derajat. Jarak yang cukup dekat,bukan?
Di Amerika Serikat,Bulan dan Jupiter berjarak 0,5 derajat. Bulan dan Jupiter pada jarak tersebut hanya akan terjadi lagi pada tahun 2026.
Bulan dan Jupiter masih akan terlihat malam ini dengan mata telanjang,asalkan langit cerah. Dan ada pula rasi bintang Orion dan bintang Sirius di atas Jupiter dan Bulan. Setelah malam ini,jarak Jupiter dan Bulan akan semakin menjauh.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger