Home » » Meteor Jatuh di Rusia

Meteor Jatuh di Rusia

Written By gioabi fashar on Sabtu, 16 Februari 2013 | 07.54

lintasan meteor di atas Rusia. Kredit: AFP Photo / Oleg Kargopolov
lintasan asteroid di langit Rusia

Pada tanggal 15 Februari 2013,sebuah meteor melintas dan jatuh di Chelyabinks,Rusia Selatan. Meteor ini tampak sangat terang dan terangnya melebihi sinar matahari yang sedang menghiasi pagi di Rusia.
Meteor ini terlihat sekitar pukul 09.30 pagi waktu Rusia dan meledak sekitar 10 km di atas permukaan tanah. Gelombang kejut dari ledakan tersebut merusak sebagian gedung dan membuat kaca pecah. Meteor ini juga menimbulkan korban. Tercatat 980 orang terluka,110 orang dirawat di rumah sakit,dan 2 orang mengalami luka yang serius. Untungnya,ledakan ini tidak menimbulkan korban meninggal. Menurut badan antariksa Eropa (ESA) dan Russian academy of sciences,meteor ini memiliki berat sekitar 10 sampai 11 ton dan memasuki atmosfer dengan kecepatan 54000 km per jam dan pecah pada ketinggian 30 sampai 50 km di atas permukaan tanah.
Beberapa orang sempat merekam kejadian langka ini dan mengunggahnya di YouTube.


Meteor yang Meledak di Rusia Seberat 10 Ton
sebuah pabrik yang hancur akibat ledakan meteor
Diduga meteor ini telah jatuh dan membuat sebuah kawah di sebuah danau dan memiliki lebar sekitar 6 meter. 



Apakah ada hubungannya dengan Asteroid 2012 DA14?

Banyak orang yang mengira bahwa meteor ini merupakan serpihan dari Asteroid 2012 DA14 yang melintas cukup dekat dengan Bumi tadi malam. Lintasan meteor ini dengan Asteroid DA14 jauh berbeda. Meteor ini datang dari arah utara ke selatan sementara Asteroid DA14 datang dari arah sebaliknya. Kalau memang Asteroid DA14 memiliki pecahan,maka pecahan tersebut datang dari lintasan yang sama dengan datangnya asteroid yakni dari selatan ke utara.
Kejadian meteor ini sekitar 18 jam sebelum asteroid berpapasan dengan Bumi dan bisa dipastikan meteor ini dengan Asteroid DA14 memiliki jalur orbit yang berbeda.

Di bawah ini adalah video amatir yang berhasil direkam oleh warga Rusia



Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger