Home » , » Gerhana Matahari Cincin

Gerhana Matahari Cincin

Written By gioabi fashar on Senin, 06 Mei 2013 | 17.40

Gerhana Matahari Cincin di Jakarta. Terlihat hanya sebagian

Beberapa hari yang lalu,tepatnya pada tanggal 26 April 2013,sebuah fenomena langit telah terjadi yaitu gerhana bulan sebagian. Di bulan Mei ini juga terdapat sebuah fenomena langit yaitu gerhana matahari cincin.
Gerhana matahari cincin akan terjadi tepatnya pada hari Jum'at,10 Mei 2013. Gerhana matahari ini akan terjadi ketika matahari terbit di ufuk timur dan akan berakhir pada pukul 06.25 WIB. Namun,di Indonesia sendiri,gerhana matahari cincin bukanlah gerhana matahari cincin pada umumnya,tetapi gerhana matahari sebagian. Hanya beberapa negara saja yang dapat menyaksikan gerhana matahari cincin ini secara total. Dan hanya beberapa daerah di Indonesia saja yang dapat menyaksikan puncak gerhana matahari ini.

Gerhana Matahari Cincin
Proses terjadinya gerhana matahari.
Gerhana matahari cincin terjadi ketika bulan sedang berada dalam perjalanan untuk mencapai jarak terjauhnya pada bumi. Gerhana ini terjadi ketika matahari,bulan,dan bumi berada pada satu titik garis lurus. Gerhana matahari cincin terjadi manakala saat puncak gerhana matahari terjadi,posisi bumi berada di wilayah atumbra. Atumbra merupakan wilayah pada bayangan (gerhana matahari) dimana benda langit(yaitu bulan) yang menutupi sepenuhnya terlihat didalam cakram sumber cahaya(matahari). Seorang pengamat yang berada diwilayah antumbra sepenuhnya akan melihat peristiwa gerhana cincin. Kata Antumbra berasal dari bahasa latin yaitu ante artinya "sebelum" dan umbra artinya "bayangan". Bulan yang seharus nya membentuk bayangan sebuah “titik” dipermukaan bumi tidak dapat membentuk bayangan “titik” melainkan bayangan “titik yang kabur” karena jarak bulan dan bumi pada saat puncak gerhana terjadi terlalu jauh. Disisi lain, pengamat dipermukaan bumi melihat cakram bulan akan terlihat mengisi cakram matahari sehingga masih tersisa cakram matahari yang terlihat dilangit sebagai akibat kecil nya cakram bulan yang sedikit lebih kecil dari pada cakram bulan pada saat gerhana matahari total terjadi. Kok bisa cakram bulan mengecil? Tentu saja bisa, kecil nya cakram bulan disebabkan oleh jarak bulan terhadap bumi yang cukup menjauh dan seperti yang sudah kita ketahui bahwa pada 13 mei 2013 bulan mencapai apogeenya karena itulah cakram bulan sedikit lebih kecil daripada pada saat gerhana
matahari total.
Indonesia merupakan salah satu permukaan bumi yang mendapat porsi untuk mengamati gerhana matahari. Namun sayang nya indonesia bukan lah tempat yang tepat untuk menyaksikan gerhana matahari cincin karena Indonesia berada pada wilayah penumbra sehingga pengamat di Indonesia akan melihat sebagai gerhana matahari sebagian. Jika anda ingin mengadakan pengamatan gerhana matahari sebagian(karena lokasi pengamat di Indonesia) dari awal hingga akhir, anda dapat berkunjung dan mengamati prosesi gerhana matahari sebagian di kota Kupang, Manado, Ternate, Ambon, Sorong, Manokwari, Merauke dan Jayapura. Berikut tabel waktu teramatinya Gerhana Matahari sebagian di seluruh provinsi indonesia berdasarkan data BMKG tahun 2013.


Waktu Teramatinya Gerhana Matahari Sebagian 10 Mei 2013 Dari Beberapa Kota di Indonesia. Sumber : BMKG, 2013.



Ingat! Gerhana matahari tidak boleh dilihat langsung oleh mata maupun teleskop tanpa filter matahari. 


Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger