Home » , » Mengenal Yuri Gagarin,Kosmonot Uni Soviet

Mengenal Yuri Gagarin,Kosmonot Uni Soviet

Written By gioabi fashar on Sabtu, 13 April 2013 | 09.41



Siapa yang tidak kenal dengan Yuri Gagarin? Ya. Yuri Gagarin merupakan kosmonot asal Rusia yang telah membuat sejarah baru bagi Rusia pada masa itu.
Yuri Gagarin lahir di sebuah desa bernama Klushino dekat Gzhatsk,Rusia pada tanggal 9 Maret 1934. Pada masa SMA,Yuri memilih untuk belajar sebagai teknisi di sebuah sekolah kejuruan teknik di Saratov pada tahun 1955. Setelah menyelesaikan tekniknya,Yuri terdaftar sebagai murid di sekolah penerbangan Orenburg. Yuri pernah membuat tugas tentang ilmuwan Rusia,Konstantin Tsiolkovsky. Konstantin Tsiolkovsky adalah seorang tokoh yang terkenal dengan ajarannya mengenai motor jet dan penerbangan antar planet. Di dalam tugasnya,Yuri menulis bahwa hanya satu impian Tsiolkovsky yang belum terwujud,yaitu manusia belum pernah berada di ruang angkasa. 
Setelah lulus dari Orenburg,Yuri diminta bergabung sebagai instruktur penerbang di sekolah tersebut. Setelah peluncuran Sputnik pada 4 Oktober 1957,ilmuwan mulai memikirkan kemungkinan penerbangan manusia ke ruang angkasa. Mendengar hal tersebut,Yuri langsung mengajukan permintaan agar bisa dimasukkan dalam daftar kandidat kosmonot. Dari 20 calon kosmonot yang mengikuti latihan di Moskwa,dipilih 6 yang masuk dalam grup istimewa,salah satunya adalah Yuri Gagarin. Dari 6 orang itu,akhirnya terpilihlah Yuri Gagarin sebagai kosmonot utama dan Herman Titov sebagai cadangan.
Pada tanggal 12 April 1961 pukul 09.07 waktu Moskwa dari Kosmodrom Baykonur,pesawat ruang angkasa Vostok 1 berhasil lepas landas. Pesawat Vostok 1 melakukan satu kali putaran melalui orbit. Pada pukul 10.55 waktu Moskwa,Vostok 1 mendarat di padang rumput di daerah desa Smelovska. Beberapa menit sebelum pendaratan,Yuri meninggalkan pesawat menggunakan kursi pelontar dan dengan menggunakan parasut,ia mendarat dengan selamat.
Tahun-tahun berikutnya,Yuri melanjutkan aktivitasnya di proyek luar angkasa Uni Soviet. Yuri mendidik para kosmonot baru dan memimpin penerbangan pesawat ruang angkasa. 
Yuri meninggal ketika sedang melakukan latihan dengan pesawat MiG-15 dekat Moskwa pada 27 November 1968. Penyebab kematian Yuri karena pesawatnya terlalu tajam saat bermanuver menghindari sebuah balon cuaca.

Yuri Gagarin dianugerahi berbagai penghargaan dan medali dari dunia internasional selain dari Rusia. Diantaranya,pada tahun 1961,presiden pertama RI,Ir. Soekarno mengunjungi Soviet dan Yuri dianugerahi medali Mahaputra
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger