Home » » Sejarah Singkat Nama Supermoon

Sejarah Singkat Nama Supermoon

Written By gioabi fashar on Minggu, 23 Juni 2013 | 15.16

Malam ini,23 Juni 2013,akan menjadi malam yang indah karena langit malam akan dihiasi bulan yang berada pada jarak terdekatnya dengan bumi (perigee). Pada jarak terdekatnya ini,bulan akan tampak lebih besar. Tidak seperti di saat bulan berada di jarak terjauhnya dengan bumi (apogee) yang tampak lebih kecil. Bulan akan berada pada jarak 356.989 km dari bumi. Jarak yang cukup dekat,bukan?
Apakah kalian tahu sebutan untuk bulan yang tampak lebih besar ini? Ya,Supermoon. Namun,Supermoon ini tidak ada hubungannya dengan tokoh pahlawan super,Superman. Nama Supermoon ini juga tidak termasuk ke dalam istilah astronomi. Supermoon atau bulan super merupakan istilah astrologi yang diperkenalkan Richard Nolle pada tahun 1979 dalam majalah HOROSCOPE.
Menurut Richard Nolle,Supermoon merupakan bulan purnama atau bulan baru yang terjadi di saat bulan berada pada jarak terdekatnya dengan bumi (perigee). Tapi yang menarik, menurut Richard Nolle, Supermoon tidak hanya terjadi sekali dalam setahun. Setidaknya ada 4-6 supermoon yang terjadi dalam satu tahun dan supermoon yang dihebohkan tahun 2011 itu pun bukan yang paling dekat dalam 18 tahun.
Jangan lupa nanti malam untuk menyaksikan Supermoon terbesar di tahun ini! Semoga langit malam nanti akan cerah! Salam Astronomi!
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger