Home » , » Supermoon Akan Muncul Pekan Ini

Supermoon Akan Muncul Pekan Ini

Written By gioabi fashar on Kamis, 20 Juni 2013 | 15.20


Fenomena Supermoon atau bulan super akan terjadi pekan ini pada tanggal 23 Juni 2013. Fenomena Supermoon 23 Juni 2013 ini merupakan fenomena Supermoon yang kedua yang terjadi pada tahun ini. Bulan purnama pada 23 Juni 2013 ini akan menjadi bulan purnama terbesar pada tahun ini.
Seluruh wilayah Indonesia dapat melihat fenomena ini mulai senja 23 Juni 2013 pukul 18.00 WIB hingga matahari terbit 24 Juni 2013 pukul 06.00 WIB. Apabila langit malam nanti tak berawan,kita dapat melihatnya menggunakan teleskop untuk mengetahui perbedaan ukuran dari bulan purnama biasa dengan Supermoon. Supermoon ini juga dapat kita saksikan menggunakan mata telanjang,namun kita akan sulit membedakan ukurannya.
Banyak orang percaya bahwa fenomena Supermoon ini akan menyebabkan bencana besar. Bahkan ada yang percaya Supermoon ini dikaitkan dengan kiamat. Sebenarnya Supermoon ini merupakan fenomena alam biasa dan tidak ada hubungannya dengan bencana di bumi. Efek yang ditimbulkan oleh Supermoon ini di bumi hanyalah pasang naik air laut.
Supermoon terjadi di saat  bulan berada pada perigee atau titik terdekatnya dengan bumi yang memiliki jarak sekitar 356.990 kilometer. Supermoon tahun ini merupakan fenomena yang sangat langka karena berada pada jarak yang sangat dekat dengan bumi. Supermoon dengan jarak yang sangat dekat ini diperkirakan kembali terjadi pada tanggal 1 Januari 2257.
Sekarang kita tinggal berharap dan berdoa agar langit malam 23 Juni 2013 tidak mendung!
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger