Home » » Titik Balik Matahari Musim Panas

Titik Balik Matahari Musim Panas

Written By gioabi fashar on Kamis, 20 Juni 2013 | 10.33


Titik balik matahari musim panas merupakan sebuah fenomena yang terjadi di saat kutub utara bumi miring ke arah matahari sedangkan kutub selatan menjauhi matahari. Di bagian utara akan mengalami musim panas,sedangkan bagian selatan akan mengalami musim dingin. Pada saat terjadinya fenomena ini,bumi memiliki kemiringan sampai 23,7 derajat. 
Pada tahun ini,titik balik matahari akan terjadi pada tanggal 20 sampai 21 Juni 2013. Indonesia yang termasuk dalam belahan bumi bagian utara akan memasuki musim panas. Sedangkan Australia dan Selandia Baru akan memasuki musim dingin. Titik balik musim panas atau Summer Solstice akan terjadi pada tanggal 21 Juni 2013 pukul 12.04 WIB untuk wilayah Indonesia.
Setelah siang hari itu, Matahari akan bergerak dari Utara ke Selatan dan akan melintasi titik equinox pada bulan September sebelum kemudian ia akan mencapai titik paling selatan atau titik balik musim dingin pada bulan Desember nanti.
Istilah Summer Solstice ini dikenal karena keberadaan Matahari di titik paling utara menandai berlangsungnya siang yang panjang di belahan Utara atau malam terpendek sepanjang tahun. Pada saat itu, Matahari tidak akan terbit tepat di timur tapi agak lebih ke utara dari arah timur dan akan terbenam juga lebih ke utara dari arah barat.
Tapi bagi masyarakat belahan Selatan, keberadaan Matahari di atas khatulistiwa merupakan Winter Solstice atau titik balik musim dingin yang menandai peralihan musim gugur ke musim dingin dan mereka akan mengalami hari terpanjang sepanjang tahun.

Di saat fenomena ini terjadi,kutub utara tidak akan mengalami matahari tenggelam,sedangkan kutub selatan tidak akan mengalami matahari terbit. 
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger