Home » » 4 Jejak Kejayaan Astronom Islam

4 Jejak Kejayaan Astronom Islam

Written By gioabi fashar on Rabu, 19 Juni 2013 | 11.10

Astronom Islam mengalami masa kejayaannya antara abad ke-9 sampai abad ke-16. Pada masa kejayaannya itu,astronom Islam meninggalkan beberapa jejak peninggalannya sampai saat ini. Berikut ini merupakan 4 jejak kejayaan astronom Islam:

1. Observatorium Al-Shammisiyyah dan Jabal Qasiyun

Inilah observatorium astronomi modern pertama di dunia. Didirikan oleh Sultan Ma'mun dari Dinasti Abbasiyah pada abad ke-9 di Al-Shammisiyyah,tak jauh dari Baghdad,Irak,dan Jabal Qasiyun dekat Kota Damaskus,Suriah. Sayangnya,tak ada lagi jejaknya.

2. Observatorium Taqi al-Din

Dengan sokongan dana dari penguasa Ottoman,Sultan Murad III,astronom Taqi al-Din Muhammad bin Ma'ruf mendirikan observatorium di Istanbul,Turki,pada 1577. Namun umur observatorium ini sangat pendek. Tiga tahun kemudian,akibat ditentang sejumlah ulama,observatorium ini dihancurkan.

3. Observatorium Maragheh


Observatorium Maragheh dibangun oleh Hulagu Khan,cucu Genghis Khan,pada 1259 dengan biaya 2.000 dinar. Penguasa Timur Tengah dari Mongol itu membangun observatorium di Maragheh,kota di Azerbaijan Timur,atas usul Nasiruddin al-Tusi. Pada masa itu,Observatorium Maragheh menjadi observatorium terbesar di dunia. Ilmuwan dari berbagai negara datang untuk memanfaatkan fasilitas itu. Gregory Choniades,ilmuwan dari imperium Bizantium,pun datang berkunjung ke Maragheh.
Dengan memanfaatkan observatorium ini,astronom jenius Nasiruddin al-Tusi membuat tabel pergerakan dan posisi planet dengan akurat. Bersama beberapa astronom lain,Nasiruddin mengguncang dunia astronomi dengan karya-karya mereka melawan sejumlah teori lama. Kontribusi mereka dikenal dengan "Revolusi Maragheh". Namun observatorium ini tak terurus setelah kematian Hulagu Khan. Observatorium terbesar di dunia ini akhirnya rontok digoyang gempa.

4. Observatorium Ulugh Beg

File:Samarkand observatoire ulugh beg.jpg

Dibangun oleh penguasa dari Dinasti Timurid,Ulugh Beg,pada 1424 di Samarkand,Uzbekistan. Ulugh Beg memang dikenal sebagai astronom yang cakap. Observatorium ini segera menarik perhatian sejumlah ilmuwan islam ,setelah Observatorium Maragheh hancur. Namun,setelah Ulugh Beg tumbang,observatorium ini dihancurkan para seterusnya.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger