Home » » Layak Huni,Mars atau Titan?

Layak Huni,Mars atau Titan?

Written By Unknown on Sabtu, 03 November 2012 | 09.05



Selama ini,para astronom masih banyak menemukan dan meneliti planet-planet yang layak huni. Dan banyak orang berpikir bahwa Mars adalah satu-satunya planet bumi kedua yang layak untuk dihuni. Memang selama ini banyak sekali penelitian-penelitian tentang Mars yang mirip sekali dengan Bumi. Salah satunya adalah penelitian mengenai tanah Mars yang baru-baru ini ditemukan oleh wahana ruang angkasa NASA,Curiosity. Menurut penelitian,sampel tanah mars memiliki kandungan mineral yang sama dengan tanah yang berada di wilayah vulkanik Mauna Kea,Hawaii. Selain itu juga, batuan yang berada di planet merah tersebut memilki kemiripan dengan batuan di Bumi. Dan Curiosity juga menemukan bukti bahwa Mars pernah dialiri oleh air.

Tapi,jangan asal menebak bahwa Mars adalah satu-satunya planet yang layak dihuni. Masih banyak planet yang telah ditemukan untuk layak dihuni. Salah satunya adalah bulan terbesar Saturnus,Titan. Pada tahun 2011 silam,para astronom berhasil menemukan bukti bahwa Titan mempunyai lautan. NASA melakukan studi dengan bantuan wahana antariksa Cassini yang mengorbit Saturnus sejak tahun 2004. Mereka memanfaatkan saat di mana Cassini melayang di jarak terdekat dengan Titan pada tahun 2006 dan 2011. 

Riset fokus pada pengukuran gravitasi dan pengamatan fenomena pasang surut. Ilmuwan mengamati percepatan Cassini untuk mengukur gaya gravitasi. Pengukuran gravitasi akan membantu ilmuwan memecahkan misteri interior Titan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Titan mudah menyusut dan meregang. Kecepatan deformasi tersebut menunjukkan bahwa interior Titan terdiri dari material yang fleksibel, berupa lautan.

Lautan diperkirakan ada di 100 kilometer atau kurang dari permukaan Titan. Meski demikian, kedalaman dan komposisi lautan ini belum diketahui. Juga, belum diketahui apakah ada kehidupan di lautan itu.

Tapi,tidak hanya Titan yang memiliki lautan. Lautan juga diduga ada di satelit Jupiter, Ganymede, Callisto, dan Europa.

Jadi kalian pilih mana,Mars atau Titan?
Share this article :

1 komentar:

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger