Home » » Apa Itu Quasar?

Apa Itu Quasar?

Written By gioabi fashar on Senin, 03 Desember 2012 | 16.12

Ruang angkasa adalah tempat yang sangat luas dan memiliki berbagai macam benda yang kita anggap sebagai hal yang tidak biasa.
Salah satunya adalah Quasar. Apa itu Quasar? Quasar atau quasi stellar radio source adalah inti galaksi aktif yang berada jauh dan merupakan obyek yang sangat terang dan sangat kuat. Kalau dilihat di teleskop,quasar akan terlihat seperti sebuah titik yang mirip dengan bintang,tetapi janganlah berpikir itu adalah sebuah bintang,melainkan sebuah inti galaksi yang sangat terang dan berada jauh dari kita.Hasil pengamatan menunjukkan kalau quasar memiliki pergeseran merah yang besar sebagai efek dari memuainya alam semesta. Yang artinya jarak antara Bumi dan quasar itu akan semakin bertambah seiring dengan semakin besarnya pergeseran merah si quasar.
Quasar ditenagai oleh lubang hitam bermassa sangat besar di pusat galaksi yang mengakresi materi yang mampat di sekitarnya dan memancarkan energi gravitasi yang sangat besar.  Lubang hitam itu selalu melahap materi yang ada di sekelilinginya untuk masuk ke dalam dirinya. Seperti raksasa yang lahap memakan apapun yang ada di sekelilingnya.
Quasar sendiri tidak selalu berasal dari penggabungan galaksi, karena memang ia bukan hasil dari gabungan dua galaksi. Quasar bisa berada di galaksi apa saja yang lubang hitamnya bisa membangkitkan quasar di dalamnya. Tapi ketika dua buah galaksi bergabung, lubang hitam super masif di dalamnya memang akan membentuk quasar. Karena lubang hitam adalah pembangkit energi bagi inti galaksi aktif.

Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger