Home » » Merkurius Mempunyai Es

Merkurius Mempunyai Es

Written By gioabi fashar on Sabtu, 01 Desember 2012 | 17.14



Bumi adalah salah satu planet yang mempunyai es di bagian kutubnya. Tapi,bagaimana kalau sebuah planet itu mempunyai jarak sangat dekat dengan matahari apalagi planet itu mempunyai es? Ya,hal ini terbukti oleh Merkurius. Baru-baru ini,lembaga antariksa Amerika Serikat,NASA menemukan es di bagian kutub Merkurius yang berdasarkan hasil observasi baru wahana antariksa,Messenger.
Suhu di Merkurius bisa mencapai 427 derajat celcius. Namun,di wilayah kutub utara yang memiliki kemiringan sumbu Merkurius tidak mendapatkan sinar matahari. Temperatur di kutub utara Merkurius tergolong rendah sehingga memungkinkan adanya es yang menyebar di area seluas washington dan memiliki ketebalan mencapai 3,2 Km.
Penelitian ini sebenarnya sudah diduga sejak tahun 1991. Saat itu, teleskop di Puerto Riko menemukan adanya bagian yang berwarna terang di kutub planet terdekat dari Matahari itu. Es juga kadang ditemukan di wilayah yang berdasarkan observasi tahun 1970-an merupakan kawah raksasa.
Citra Messenger terbaru mengonfirmasi bahwa bagian berwarna terang itu berada di wilayah dengan suhu rendah yang memungkinkan adanya es. Instrumen spektrometer netron pada Messenger menganalisis konsentrasi hidrogen, bagian dari air, dan menemukan bahwa air dalam bentuk es memang ada.
Hasil penelitian ini dipublikasikan di jurnal Science Express pada Kamis kemarin. Messenger telah meneliti Merkurius sejak tahun 2011. Pada tahun 2014 dan 2015, Messenger akan melayang lebih dekat di Merkurius sehingga memungkinkan observasi lebih detail.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger