Home » » Mengenal Galaksi Sombrero

Mengenal Galaksi Sombrero

Written By gioabi fashar on Sabtu, 08 Desember 2012 | 15.56

Apakah kalian pernah mendengar kata Sombrero? Ya. Sombrero adalah sebuah topi yang berasal dari Meksiko. Lalu apakah kalian pernah mendengar Galaksi Sombrero?. Galaksi ini terlihat seperti topi Sombrero. Terlihat dari bentuknya,galaksi sombrero di kategorikan sebagai galaksi spiral (NGC 4594).
Pencitraan dengan cahaya tampak.Galaksi ini ditemukan pada tahun 1700-an oleh Pierre Méchain. Galaksi ini terletak di rasi bintang Virgo yang memiliki jarak dari bumi sekitar 28 juta tahun cahaya. Walaupun cahaya galaksi ini cukup terang,tetapi kita tidak dapat melihatnya dengan mata telanjang. Kita dapat melihatnya dengan menggunakan teleskop besar yang mempunyai kemampuan hingga magnitudo +9.
Galaksi ini mempunyai jari-jari sekitar 600.000 tahun cahaya. Dan di bagian tengahnya,terdapat miliaran bintang-bintang tua yang membuat galaksi ini terlihat sangat besar. Di bagian cakram galaksi,terdapat pula gas dan awan debu. Lalu dimanakah letak bintangnya?. Menurut hasil pencitraan inframerah dan sinar x,bintang-bintang tersebut terletak di dalam galaksi dan sangat jarang bintang-bintang tersebut berada di cakram luar galaksi.
Pencitraan dengan gelombang berbeda
Catatan : berdasarkan pengamatan menggunakan gelombang elektromagnet, ditemukan sebuah black hole yg sangat massif di pusat galaksi ini. kalian juga bisa lihat galaksi latar belakang di bagian bawah galaksi ini. Itu adalah 2 buah galaksi yang saling berinteraksi satu sama lain dengan bertukar bintang. Sebenarnya banyak sekali galaksi di belakang galaksi ini. Jaraknya pun lebih jauh daripada sombrero itu sendiri.Galaksi sombrero yang dicitrakan menggunakan sinar x (biru), inframerah (oranye), dan tampak (hijau).

Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger