Home » » Hujan Meteor Geminids 2012

Hujan Meteor Geminids 2012

Written By gioabi fashar on Minggu, 09 Desember 2012 | 11.55

Memang di akhir tahun ini,banyak sekali fenomena langit malam yang menakjubkan. Salah satunya adalah hujan meteor geminids. Disebut hujan meteor geminids karena hujan meteor ini terletak di rasi bintang gemini. Hujan meteor ini dikategorikan sebagai hujan meteor mayor yang berarti memiliki intensitas jumlah meteor yang banyak.
Diprediksikan,hujan meteor geminids akan berkisar 120 meteor setiap jamnya. Menilik sebab musabab nya, hujan meteor geminids merupakan hujan meteor yang disebabkan akibat serpihan dari reruntuhan asteroid. Di duga asteroid 3200 Phaethon merupakan biang keladi dari sumber meteoroid hujan meteor Geminids dimana asteroid 3200 Phaethon termasuk dalam kategori Asteroid Palladian yang memiliki inklinasi cukup tinggi. Proses terjadinya hujan meteor yang disebabkan oleh asteroid umumnya hampir sama dengan proses terjadi nya hujan meteor yang disebabkan oleh komet. Ketika asteroid melintas tepat dengan orbit bumi, asteroid akan meninggalkan serpihan-serpihan reruntuhannya di orbit bumi akibat hempasan partikel-partikel dari angin matahari. Sisa-sisa serpihan reruntuhan asteroid yang tertinggal pada suatu ketika akan tertarik akibat gravitasi bumi saat bumi melintasi orbit yang telah terkotori reruntuhan asteroid dan alhasil reruntuhan asteroid itupun tertarik yang kemudian menyebabkan terjadi nya hujan meteor.
Foto Asteroid 3200 Phaethon dari jam ke jam oleh Marco Langbroek
Hujan meteor Geminids akan mengalami puncaknya pada tanggal 14 Desember 2012 pada waktu pagi hari. Hujan meteor ini dimulai sejak tanggal 7 Desember 2012 sampai 17 Desember 2012. Mungkin karena sekarang di Indonesia mengalami musim hujan,jadi sering sekali pada malam hari awan menjadi mendung. Tetapi semoga pada puncaknya kita apat melihatnya secara jelas tanpa ada halangan di langit.
Rasi bintang Geminids terbit sekitar pukul 21.00 WIB yang ditandai 2 bintang terang,Pollux dan Castor.

Sumber : Kafe Astronomi 
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger