Home » » 7 Fakta Teleskop Termahal ALMA

7 Fakta Teleskop Termahal ALMA

Written By gioabi fashar on Minggu, 17 Maret 2013 | 09.34



Teleskop ALMA (Atacama Large Millimeter/sub-Millimeter Array) merupakan proyek teleskop termahal di dunia yang lokasinya berada di Gurun Atacama,dataran tinggi Chajnantor,Cile. ALMA berada pada ketinggian lebih dari 5.000 meter di atas permukaan laut. Ada beberapa fakta dari teleskop ALMA ini,yaitu :

1. Teleskop Termahal

Ongkos untuk membangun teleskop radio ALMA ini berkisar US$ 1,8 miliar atau Rp 17,5 triliun. Biaya itu ditanggung bersama konsorsium Eropa,Amerika Utara,dan Asia Timur.

2. 66 Piringan Antena

Terdiri atas 66 piringan antena yang berdiameter 7 meter dan 12 meter. Kemampuan gabungan 66 piringan antena ini kurang-lebih setara dengan satu piringan antena radio berdiameter 14 kilometer

3. Perlu Satu Dekade

Pembangunan konstruksi teleskop ini dimulai sejak 2003 dan selesai dibangun tahun 2013.

4. Tempat Paling Kering
Gurun Atacama merupakan salah satu tempat paling kering di muka bumi. Kondisi alam ini penting bagi ALMA,karena penguapan air bisa mengurangi akurasi hasil pengamatan

5. Nyaris Sempurna

Bentuk parabola piringan antena ALMA ini nyaris sempurna dengan deviasi kurang dari 20 mikrometer. Akurasi ini penting untuk menjangkau cahaya kosmis paling jauh.

6. Sangat Dingin
Salah satu bagian penting dari antena ini,detektor yang memperkuat dan mengkonversi gelombang cahaya kosmis harus terus dijaga temperaturnya di bawah -269 derajat Celcius.

7. Paling Tinggi

Teleskop ALMA merupakan salah satu perangkat observasi langit yang berada di lokasi paling tinggi di dunia. Lokasi di ketinggian dan jauh dari permukiman dan kota ini sangat krusial,supaya teleskop ALMA terhindar dari distorsi atmosfer dan cahaya.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger