Home » , » 12 Momen di Karir Astronot Chris Hadfield

12 Momen di Karir Astronot Chris Hadfield

Written By gioabi fashar on Jumat, 14 Juni 2013 | 11.12


Siapa yang tidak mengenal Chris Hadfield? Ya,astronot asal Kanada ini merupakan astronot Kanada pertama yang sukses menjalani berbagai misi ruang angkasa di Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS).
Chris Hadfield lahir pada tanggal 29 Agustus 1959 di Sarnia,Ontario,Kanada. Ia memiliki dua kendala besar. Pertama,usianya masih terlalu muda untuk seorang yang ingin menjadi astronot,yaitu sembilan tahun. Kedua,Kanada tidak memiliki program astronot.
Namun,Chris Hadfield tidaklah berputus asa. Ia meniti karirnya sebagai astronot dari bawah. Hingga akhirnya,ia menjadi astronot ternama,dan pada 10 Juni lalu,ia mengumumkan akan pensiun dari Badan Ruang Angkasa Kanada (CSA) per 3 Juli mendatang.
Berikut merupakan momen-momen Chris Hadfield dalam menjalani karirnya sebagai astronot :

1. Bergabung dengan korps Astronot



Chris Hadfield terpilih pertama kali menjadi astronot pada tahun 1992. Ia mendapatkan kesempatan langka,yaitu mengikuti pelatihan misi khusus di Johnson Space Center NASA.

2. Menjadi Pilot,pintu masuk menuju Astronot



Sebelum menjadi astronot,Chris Hadfield pernah menjadi seorang pilot. Karir pilotnya dimulai sebagai calon perwira penerbang Kanada untuk terbang pada misi NORAD (North American Aerospace Defense Command),organisasi gabungan Kanada dan Amerika Serikat untuk peringatan kedirgantaraan,kedaulatan udara,dan pertahanan bagi kedua negara.
Ia juga mengikuti tes sekolah pilot US Air Force di Edward Air Force Base di California.

3. Berkunjung ke stasiun ruang angkasa terbesar


Hadfield juga pernah mengunjungi Space Station Mir,stasiun ruang angkasa terbesar pada kala itu. Mir merupakan stasiun ruang angkasa milik Rusia yang mengorbit di orbit rendah Bumi,mulai dari tahun 1986 sampai 2001.
Untuk bisa menjelajahi stasiun ini,Hadfield harus belajar bahasa Rusia pada awal karirnya sebagai astronot. Ia terbang pertama kali ke ruang angkasa pada tahun 1995 bersama pesawat ulang alik STS-74.
Selama misi singkat itu,Hadfield meluangkan hobinya bermain gitar di orbit.

4. Kendalikan lengan pesawat


Keahlian yang dimiliki Hadfield berguna selama menjalankan misi ruang angkasa pertamanya.
Ia membantu mengendalikan Canadarm,lengan robot peswat STS-74 untuk menginstal modul doking Rusia,sehingga pesawat dapat terhubung dengan Mir.

5. Pengendali pesawat ruang angkasa


Pada awal karirnya,Hadfield mulai bekerja pada Mission Control sebagai komunikator kapsul (CapCorn). Jabatan itu bertugas menyampaikan instruksi atau komando bagi pesawat ruang angkasa.

6. Melayang di Orbit (spacewalk)

 

Pada tahun 2001,Hadfield menjadi orang Kanada pertama yang melakukan spacewalk. di luar pesawat STS-100. Ia mengakui pengalaman itu merupakan pengalaman yang paling berkesan yang pernah ia dapat sebagai astronot.

7. Memasang Canadarm2


Ia kembali menjalankan aksi spacewalk pada April 2001,untuk memasang Canadarm2,lengan robot pesawat yang lebih canggih.Canadarm2 telah digunakan sepanjang pembangunan ISS sampai sekarang.

8. Sambungkan pesawat ruang angkasa


Pada misi pesawat STS-100 April 2001,Hadfield juga sukses mentransfer robot pertama di ruang angkasa. Ia menghubungkan peluncur Canadarm2 ke Canadarm.

9. Terbang bersama Soyuz


Pada Desember 2012,Hadfield kembali menjalankan misi terbang ke ISS. Menggunakan pesawat ruang angkasa Soyuz,19 Desember 2012,bersama insinyur penerbangan NASA,Tom Marshburn dan komandan Soyuz,Roman Romanenko.
Hadfield menyebutkan pengalaman memimpin misi Ekspedisi 35 merupakan misi puncak sepanjang hidupnya.

10. Dokumentasi Radiasi


Hadfield memiliki kegiatan unik,yaitu merekam video di orbit untuk kepentingan pendidikan antariksa. Pada Juni 2013,video yang ia buat dilihat oleh 39 juta orang.
Salah satu video yang menjadi sorotan banyak orang adalah di saat ia berpose dengan detektor radiasi yang digunakan ISS sepanjang Ekspedisi 34/35 pada 2013.
Ia menguji radiasi di ruang angkasa dan Bumi. Detektor yang ia tampilkan serupa dengan detektor gelembung netron Radi-N2,yang digunakan puluhan mahasiswa Kanada untuk membandingkan paparan radiasi ruang angkasa dan Bumi. 

11. Bermain gitar


Aktifitas unik Hadfield adalah bermain gitar di ruang angkasa secara teratur. Posisi favoritnya adalah di Cupola,sebuah jendela di ISS yang langsung menghadap ke Bumi.
Dalam Ekspedisi 34/35 pada 2013,Hadfield menunjukan kebolehannya menyanyikan lagu asli berjudul ISS (Is Somebody Singing),berkolaborasi dengan Ed Robertson,salah satu personil band rock asal Kanada,Barenaked Ladies dari Bumi.
Lagu Space Oddity versi Hadfield di orbit juga menarik perhatian pencipta dan pelantun aslinya,David Bowie.

12. Putuskan pensiun


Pada 10 Juni silam,Chris Hadfield memutuskan untuk pensiun per 3 Juli nanti. Keputusannya itu membuka jalan bagi astronot Kanada berikutnya, David Saint-Jacques dan Jeremy Hansen untuk menjelajahi ruang angkasa, sebelum awal 2016.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Astronomi ID - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger